Porter’s Five Forces Framework

Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai salah satu stategi manajemen modern. Yap sesuai judulnya yang akan saya bahas adalah Porter’s Five Forces Framework.  Stategi bisnis ini ditemukan oleh Michael Porter, Profesor dari Harvard University sekaligus Founder dari perusahaan konsultasi di Amerika The Monitor Group.

Dengan menggunakan Porter’s Five Forces kita dapat menganalisa apakah industri yang akan/sedang kita jalankan merupakan industri yang attractive atau bukan. Keuntungan dari penggunaan Porter’s Five Force adalah dapat menganalisa tingkat kompetitif di level industry selain itu framework ini bagus sebagai masukan SWOT model.

Berikut gambaran Porter’s Five Forces Framework :

Competitive Rivalry within an Industry

Intensitas rivalitas dalam suatu industry bergantung pada :

  • Struktur kompetisi – rivalitas akan semakin besar jika kompetitor adalah sama – sam industry kecil atau menengah
  • Struktur dari fix cost – ketika fixed cost sangat tinggi maka produsen akan memproduksi barang mendekati kapasitas maksimal
  • Tingkat diferensiasi – Industri yang memiliki tingkat diferensiasi produk yang tinggi cenderung memiliki rivalitas yang rendah
  • Tujuan strategis – Ketika kompetitor memiliki tujuan strategis yang agresif missal maka tingkat rivalitas semakin tinggi

Thread of Substitute Products

Kehadiran dari produk pengganti akan mengurangi tingkat atraktivitas dari sebuah industry, Ancaman dari produk pengganti bergantung pada :

  • Keinginan pembeli kepada produk pengganti
  • Harga dan kualitas dari produk pengganti
  • Biaya perpindahan ke produk pengganti

Bargaining Power of Suppliers

Supplier adalah penyedia dari material atau produk ke dalam industry. Kekuatan tawar menawar supplier akan tinggi bila :

  • Ada banyak pembeli namun sedikit supplier
  • Industri bukan kelompok key customer ke supplier
  • Ada perbedaan pada produk berdasarkan valuenya

Bargaining Power of Customers

Customer/Buyer adalah pihak yang melakukan permintaan ke industry. Kekuatan tawar menawar customer akan tinggi apabila :

  • Hanya ada sedikit customer namun banyak penjual
  • Terdapat standarisasi produk
  • Industri bukankelompok key supplying ke customer

Threat of New Entrants

Berikut factor yang mempengaruhi ancaman dari pendatang baru :

  • Diferensiasi produk
  • Switching cost
  • Branding
  • Skala ekonomi

Penerapan Porter’s Five Force dapat dilihat di https://rahardiandj.wordpress.com/2012/07/28/penerapan-porters-five-force/

Referensi : MIT Open Course Work,  http://tutor2u.net/business/strategy/porter_five_forces.htm

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s