Kemana 2,5%nya?

Muda, sudah bekerja dan lajang mungkin itu yang saya dan teman-teman alami saat ini. Ketika masih menjadi anak kosan yang harus ngirit dan hidup dari kiriman setiap bulannya mungkin saat ini sudah bisa mandiri membiayai hidup atau bahkan merencanakan tabungan.

But wait… Do you remember your 2,5%? Who deserve to receive it?

Kalau ingat 2,5% pastinya pikiran tertuju yang namanya zakat/ zakat mal. Sudah saatnya kita yang berpenghasilan dan mencapai nisab mengeluarkan sebagian harta kita. Apa sih susahnya menyisihkan 2,5% toh kita masih bisa menikmati 97,5%nya. InsyaAllah jika kita ikhlas untuk berzakat, maka akan berkah penghasilan kita.

Mari beranalogi :

Misalnya gaji sebagai fresh graduate adalah 4jt maka setiap bulannya kita harus menyisihkan setidaknya 2,5% x 4.000.000 = 100.000 perbulan atau sekitar 1,2 juta pertahun. Bayangkan dengan 1,2 juta kita bisa menghidupi satu orang dalam sebulan. Berarti jika ada 12 orang yang berzakat dengan nominal segitu maka cukup untuk menghidupi satu orang (anak yatim mungkin atau fakir miskin) dalam setahun. Indahnya islam šŸ™‚

Dari Ali ra bahwa Rasulullah SAW bersabda: ā€œApabila engkau memiliki 200 dirham dan telah melewati satu tahun, maka zakatnya 5 dirham. Tidak wajib atasmu zakat kecuali engkau memiliki 20 dinar dan telah melewati setahun, maka zakatnya 1/2 dinar. Jika lebih dari itu, maka zakatnya menurut perhitungannya. Harta tidak wajib dikeluarkan zakat kecuali telah melewati setahun.ā€ Hadits hasan diriwayatkan oleh Abu Dawud.

ā€œā€¦Sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahayaā€¦ā€ [Al Baqarah:177]

Mulai sekarang mulai hitung-hitung berapa banyak kita harus berzakat setiap tahunnya. Jikalau manusia tahu apa balasan bagi orang-orang yang berzakat mungkin banyak orang yang akan berlomba-lomba untuk melaksanakan ibadah yang satu ini.

Selamat menunaikan ibadah di bulan Ramadhan ini. Mari berbagi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s