Apakah keuangan anda aman?

Saya menulis artikel ini karena saya prihatin dengan bagaimana orang- orang di sekitar saya mengatur keuangannya. Jangankan mempunyai investasi, punya tabungan pun sudah cukup baik. Alasan mereka cukup bermacam-macam, mulai dari karena nggak ada yang orang yang mengatur keuangan(baca : istri), gaji yang tidak cukup atau mumpung masih muda ya untuk senang-senang dulu. Is it acceptable?

Dari beberapa sumber yang saya baca kriteria keuangan anda aman adalah sebagai berikut :

1.       Anda mempunyai tabungan untuk biaya hidup 3 bulan ke depan
2.       Sacara rutin, anda mampu menyisihkan minimal 10% dari gaji anda sebulan
3.       Kalau mempunyai hutang tidak melebihi jumlah asset/liabilitas yang ansa miliki
4.       Gaya hidup anda tidak melebihi gaji pokok yang anda terima

 

Apakah anda memenuhi semua kriteria di atas? Bila belum bagaimana memulainya? Saya juga belum ahli dalam melakukan perencanaan keuangan tapi setelah saya bekeerja saya menyadari pentingnya hal ini. Ada beberapa hal yang saya terapkan agar bisa memiliki keuangan yang sehat, yaitu :

  • Pisahkan antara kebutuhan bulanan dan tabungan

Hal simpel yang bisa dilakukan adalah mengambil uang senilai budget bulanan kemudian masukkan ke dalam amplop dan anda tidak konsisten untuk tidak mengambil uang anda lagi atau dengan cara memisahkan antara rekening untuk tabungan dan rekening untuk kebutuhan bulanan

  • Membuat rencana tahunan

Motivasi orang menabung adalah karena mempunyai rencana, buatlah rencana tahunan atau beberapa tahun sehingga anda mampu menabung untuk rencana tersebut tiap bulannya missal ingin lanjut S2 di Harvard, ingin keliling eropa atau membeli rumah baru.

  • Pilihlah asset daripada liabilitas

Ketika anda dihadapkan pada pilihan antara membeli barang A atau barang B, pertimbangkanlah value nya. Selalu pilih mana yang akan memberikan keuntungan atau nilai balik untuk anda. Misal memilih membeli rumah lagi atau mobil lagi. Sebaiknya anda memilih untuk membeli rumah karena bisa disewakan dan lebih menghasilkan. Mobil mungkin bisa juga untuk disewakan namun kalau anda tidak serius untuk membuat persewaan mobil lebih baik tidak.

Leave a Reply

