Siklus Kerja Satu Tahun

Saya menulis ini hanya berdasar pengalaman saya, mungkin ada persamaan atau perbedaan yang kamu alami dengan pengalaman saya.

Masa- masa mencari kerja

Ketika kamu dalam masa pencarian tempat kerja maka kamu akan merasakan mobilitas tinggi, mungkin melakukan perjalanan dari perusahaan satu ke perusahaan yang lain bahkan berpindah-pindah kota. Menyenangkan mungkin iya, karena di saat- saat ini bisa bertemu dengan banyak orang(sesame pencari kerja, HRD perusahaan, bahkan teman sekampus yang awalnya nggak kenal jadi kenal). Kamu bakalan sering ke rental computer buat ngeprint, bakalan inget nomer KTP (soalnya setiap apply pasti disuruh nulis no ktp), inget trayek busway(kalo apply di jakarta), bakal bingung kalo pas ada jadwal interview yang bentrok, dll

0-3 bulan bekerja

And finally kamu dapet juga pekerjaan(entah itu perusahaan impian atau nggak). Masa adaptasi dari fresh graduate menjadi seorang professional dimulai disini. Atau mungkin kamu masih kepikiran buat apply ke perusahaan yang kamu inginkan dan itu wajar. Bagi yang tetep stay di perusahaan, tiga bulan pertama biasanya diisi banyak training. Senior akan ngejelasin bagaimana malakukan task keseharian, berkenalan dengan bos, memahami birokrasi perusahaan and so forth. Di sini kamu juga bakalan belajar mengelola keuangan, gaya hidup akan semakin naik. Percaya atau nggak walaupun kamu digaji dua atau tiga kali lipat dari uang bulanan ketika menjadi mahasiswa kamu masih akan kesulitan untuk menabung sejumlah dua atau tiga kali lipat ketika kamu menjadi mahasiswa.

3-6 bulan bekerja

Di waktu ini kamu akan merasakan task yang semakin menantang, akan banyak hal baru dipelajari dan tentunya tanggung jawab semakin besar. Ketergantungan akan senior semakin berkurang dan kemandirian meningkat. Kamu akan lebih dipercaya untuk melakukan tugas-tugas yang mungkin seharusnya bukan buat pendatang baru. Di sini juga akan kelihatan mana top performer mana yang mediocre. Siapa yang bekerja lebih keras dia yang akan lebih dihargai. Loyalitas ke perusahaan akan terbentuk di masa enam bulan bekerja.

6 bulan – 1 tahun bekerja

Kamu sudah mulai terbiasa melakukan task yang diberikan. Rasa bosan dan monoton akan muncul di sini tapi kalo kamu kreatif nggak ada yang namanya bosan di kantor. Manjalani hal yang sama dan cenderung monoton mungkin bukanlah hal yang menyenangkan. Pindah divisi atau mencoba project baru mungkin bisa menjadi solusi. Dan mulai dari sini kamu harus bisa memutuskan apakah akan melanjutkan kontrak atau mencari pekerjaan lain. Apapun pilihannya kamu harus tau resikonya. Selamat berkarir dan menjadi professional.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s